Jumat, 04 Maret 2016

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS : USAHA KERAJINAN TANGAN

12:13:00 PM Posted by Unknown No comments
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS :
KERAJINAN TANGAN


DI SUSUN OLEH :
TRIO KRISTIAN DAMANIK
 
NIM                :  15.12.8479
KELAS           :  15- S1 SI - 02
JURUSAN      :  S1 – SISTEM INFORMASI

JURUSAN S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016

Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208,
 Link Menuju STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


BAB I
ABSTRAK
Tujuan saya membuat Karya Ilmiah ini adalah Berbisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar namun dengan kreativitas terhadap suatu kita bisa membuka usaha secara mandiri. Menjadi seorang pengusaha kerajinan tangan tentu saja tidak memerlukan modal besar bahkan biasanya  untuk sebuah barang yang terlihat sangat bagus hasil dari kerajinan tangan dasarnya adalah barang - barang yang sering kita lihat sehari - hari. 

Siapa dapat menyangka barang bekas atau barang yang terlihat tidak ada nilai jualnya dapat kita ubah menjadi barang dengan harga jual yang tinggi. Oleh karena itu di zaman yang sudah modern saya mengajak enterpreneur muda yang tidak memiliki modal besar dan kreativ untuk bisa memilih alternative bisnis yang satu ini, karena cara memasarkannya juga sangat luas mulai dengan memperkenalkan hasil karyanya lewat media sosial atau kepada pecinta kerajinan tangan, tentunya ini bisa menjadi nilai tersendiri bagi pengusaha kerajinan tangan yang ini memulai usahanya,


 BAB II
ISI
Kerajinan tangan yang dihasilkan dari tangan-tangan orang kreatif biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Selain produk yang diproduksi terbatas memang tidak banyak orang yang bisa membuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Namun ide kreatif seorang pengusaha keranjinan tangan tentu tidak akan habis untuk membuat hasil karya produk bernilai tinggi. berikut kiat sukses menjadi pengusaha sukses :

1. Memahami kondisi pasar sekarang
Pada zaman modern ini orang - orang sangat gengsi dengan barang khususnya generasi muda yang biasanya memilih barang branded produk luar negeri yang yang biasanya harga produk tersebut sangat mahal yang menurut saya fungsinya tidak terlalu penting. Oleh karena itu kita harus memahami situasi pasar sekarang dan menentukan harga yang pantas untuk produk anda.

2. Melihat potensi yang ada di lingkungan sekitar
Hal ini cukup untuk terus digali, karena menurut saya lingkungan sekitar kita memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat dijadikan hal berbeda untuk produk karya anda, contohnya ada tinggal di sebuah kota yang terkenal akan budayanya maka anda bisa membuat barang kerajinan yang khas akan budaya anda sehingga para pengunjung yang baru ke kota anda atau yang akan pergi dari kota anda akan tertarik membeli barang tersebut untuk di jadikan sebagai barang kenang - kenangan.

3. Memulai ungsaha dengan kerja keras dan pantang menyerah
Tak semua pengusaha kerajinan tangan sukses, bahkan ada yang mengalami kerugian melebihi modal awal memulai usahanya, sehingga yang perlu diingat adalah kegagalan merupakan awal menuju kesuksesan,  sehingga dengan kerja keras dan pantang menyerah maka pasti usaha tersebut akan sukses.

4. Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan
Untuk yang satu ini menurut saya sangat menguntungkan sekali bagi Pengusaha Kerajinan Tangan. Karena sekarang Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll nya bisa dijadikan Media Promosi Produk Kerajinan tangan telah anda buat. Namun dengan catatan produk hasil karya anda tersebut harus sesuai dengan apa yang telah anda tampilkan di media sosial.

5. Memperluas wawasan dan jaringan sesama pengrajin
Dengan memperluas wawasan diharapkan Anda bisa memperluas jaringan untuk memperlancar jalannya usaha kerajinan tangan. Anda bisa berbagi ilmu dengan teman-teman satu profesi. Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan mendapatkan tambahan pinjaman modal dari komunitas yang Anda ikuti.

6. Siap bersaing Inovasi dengan para Kompetitor
Sebagai Pengusaha Kerajinan Tangan harus bisa membuat produk kreatif yang belum pernah ada atau belum terpikir oleh orang lain, apalagi jika barang tersebut berguna sebagai pendukung pekerjaan seseorang tentunya barang atau produk tersebut memili nilai tambah tersendiri yang membuat nilai jualnya tinggi.
 

BAB III
DAFTAR PUSTAKA 
web : 
http://sarungpreneur.com/peluang-usaha-kerajinan-tangan-dan-cara-membuatnya/
http://suksesbisnisusaha.com/usaha-kerajinan/tips-sukses-dengan-bisnis-kerajinan-tangan
http://bisnisukm.com/bagaimana-cara-memulai-bisnis-kerajinan-tangan.html

0 comments:

Posting Komentar